Prodi Ilmu Hukum UTU Laksanakan Monev Magang Perdana
  • Prodi Ilmu Hukum
  • 08. 12. 2020
  • 0
  • 775

Meulaboh - Diakhir  penghujung  tahun  2020, secara perdana  Prodi ilmu  hukum  UTU melaksanakan program monitoring   dan evaluasi  (monev)  pada matakuliah etika profesi  (magang). Pelaksanaan  money  ini mulai  dilakukan  pada tanggal  2 Desember   2020  dan akan berakhir pada minggu  kedua bulan desember  ini. Pemillihan  lokasi  money  dilakukan  secara acak, yaitu  lokasi  yang pertama  sekali dikunjungi   adalah  Aceh Barat Daya (abdya) pada instansi  Mahkamah  Syariah Abdya, hari berikutnya  dilaksanakan   di Aceh Selatan  yaitu di Pengadilan  Negeri Tapak Tuan dan Kejaksaan  Negeri Aceh Selatan, turut  serta perwakilan   pelaksanaan   monev  ini adalah dosen  pembimbing   matakuliah   etika profesi ibu Rachmatika   Lestari.,  SH., MH dan Sekretaris  Prodi Ilmu  Hukum  ibu Putri Kemala Sari, SH., MH.

Selanjutnya  pada senin tanggal  7 Desember 2020 kunjungan  monev dilakukan  di Kejaksaan Nagan Raya. Dan puncaknya pada hari selasa tanggal 8 Desember monev kunjungan dilanjutkan  ke instansi  - instansi yang ada di Meulaboh, Aceh Barat.

Kegiatan Monev ini bertujuan  untuk mengawasi  jalannya  pelaksanaan  magang pada instansi - instansi yang dipilih mahasiswa  berdasarkan  peminatan  dan ketertarikan  serta mengetahui  proses kegiatan pelaksaan magang mahasiswa/i selama kurang lebih satu semester pembelajaran.  Tidak lupa pula pelaksanaan magang ini sebagai upaya menuju program kurikulum  kampus  merdeka yang telah dicanangkan  untuk menumbuh  kembangkan ilmu pengetahuan  dan bakat mahasiswa/i diluar kampus. Tahun pertama  pelaksanaan magang ini diikuti  oleh 55 mahasiswa/i   yang sudah mencapai  sks sesuai dengan syarat yang telah ditentukan  pada kurikulum program studi.

Pelaksanaan  money ini juga disambut  baik oleh berbagai instansi  penegak hukum, seperti  instansi Mahakamah  Syariah Abdya sangat mengharapkan  agar program seperti ini tetap dilanjutkan  dan outputnya kita dapat teruskan  melalui  program kerjasama (MoA) dalam rangka meningkatkan  wawasan  dan mengembangkan  karir mahasiswa/i   prodi ilmu hukum menuju era 4.0.

Tidak luput dari perhatian  bersama bahwa mahasiswa   juga menyampaikan  karena ini angkatan pertama kami merasa masih banyak kekurangan dalam hal pengalaman serta komunikasi  maka dari itu besar harapannya kedepan agar pelaksanaan magang ini tetap terus dilanjutkan  karena meraka sangat merasakan manfaatnya dan pengetahuan  mengenai  praktik yang sebenarnya terjadi dilapangan.

Tentunya dari Prodi menyebutkan bahwa ini agenda yang berkelanjutan  dan akan continue dilaksanakan setiap semester berjalan. (Official IH)

Lainnya :