Pemantapan Konsep Agro and Marine Industry melalui Kuliah Umum Hukum Laut Internasional
  • Prodi Ilmu Hukum
  • 23. 03. 2021
  • 0
  • 822

 

Meulaboh – Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan kuliah umum pada Senin (22/03) di Aula Gedung Terintegrasi. Pelaksanaan kuliah umum dengan tema “Urgensi Hukum Laut Internasional bagi Kedaulatan Negara Kepulauan” menghadirkan Dr. Muhammad Nasir, S.H., LL.M. Dosen Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh sebagai narasumber.

Kegiatan kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum, para perwakilan mahasiswa dari Program Studi lingkup Fisip, serta undangan dari instansi di luar Universitas Teuku Umar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Basri, S.H., M.H dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan bahwa sebagai kampus yang fokus dalam bidang Agro and Marine Industry, tema yang dipilih untuk kuliah umum ini menarik untuk didalami, karena melihat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dan mempunyai wilayah laut yang luas dengan potensi kekayaan alam dari laut yang sangat besar.

Dalam materinya, pemateri menyampaikan bahwa laut adalah bagian penting yang menghubungkan negara-negara di dunia, masyarakat melakukan pelayaran, perdagangan, laut juga menyimpan sumber makanan bagi manusia dan kekayaan-kekayaan alam lainnya yang mempunyai manfaat besar bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, bagi negara kepulauan kedaulatan di wilayah laut itu sangat penting, sehingga perlu untuk mempelajari dan melakukan penelitian secara mendalam terkait dengan penegakan hukum laut internasional bagi kedaulatan negara kepulauan. (IH Official)

Lainnya :